BERITA

Peningkatan Kompetensi Operator Alsintan melalui Pelatihan di BPP Kelarik Kecamatan Bunguran Utara.

Kementerian Pertanian melalui Pertanian saat ini telah menyalurkan berbagai bantuan  alat mesin pertanian kepada kelompok tani yang dikelola  oleh Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA). Alat tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi kegiatan budidaya pertanian agar  produksi dan produktifitas meningkat. Pemanfaatan alat mesin pertanian merupakan salah satu cara untuk mengefektifkan usaha tani dalam meningkatkan produksi dan mutu hasil pertanian yang berdaya saing tinggi guna mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

Pada kenyataannya, kemampuan petani dalam pengenalan tekhnologi alat pertanian masih minim, salah satunya alat hand tractor yang  berfungsi untuk mengolah lahan pertanian. Hal tersebut menyebabkan alat yang telah disalurkan belum dipergunakan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Untuk menghindari hal itu, maka Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kelarik Kecamatan Bunguran Utara menyelenggarakan pelatihan teknis tata cara penggunaan alsintan hand Tractor.

Pelatihan dilaksanakan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kelarik Kecamatan Bunguran Utara selama 2 hari mulai tanggal 25 – 26 Juni 2020. Pelatihan diikuti oleh Unsur petani dan Operator UPJA. Pembukaan pelatihan, Kamis (25/06/2020) oleh Koordinator BPP Kelarik, Kusnadi menyebutkan bahwa tujuan dari diadakannya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi petani dan Operator UPJA yang telah diberikan bantuan oleh pemerintah ,”ujarnya.

Selama proses pelatihan berlangsung, peserta diberikan materi secara teknis dan langsung praktik di lapangan tentang tata cara penggunaan hand tractor. Materi teknis disampaikan oleh narasumber yaitu Bpk Ari Paster,SP yang merupakan petugas penyuluh pertanian di kecamatan Bunguran Utara. Pemateri menjelaskan berbagai hal mengenai hand tractor seperti pengenalan alat, fungsi tiap bagian, cara pengoperasian dan perawatan hand tractor.

Setelah penyampaian materi, pelatihan dilanjutkan dengan mengoperasikan hand tractor di lingkungan BPP Kelarik Kecamatan Bbunguran Utara. Setiap peserta pelatihan diberi kesempatan mencoba mengoperasikan hand tractor untuk mengolah lahan. Dalam prakteknya juga dijelaskan berbagai tekhnik  pengoperasian sehingga petani melakukan pengolahan lahan dengan mudah dan efektif. Paktek berjalan dengan lancar dan peserta dapat mengoperasikan hand tractor dengan baik.

Dengan pelatihan ini diharapkan pemanfaatan bantuan alat yang telah disalurkan dari Kementrian Pertanian dan Dinas Pertanian dapat dimanfaatkan dengan optimal sehingga mampu meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian.     ( Ari Paster, SP)